oleh

Wooww..!! Atlit Dan Pelatih Di Bonebol Dapat Jaminan Asuransi

LINTAS BONEBOL (LIGO) – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan memberikan fasilitas asuransi melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kepada para Atlit dan juga Pelatih yang ada di daerah ini.

Rencananya, Pemerintah Daerah akan mengalokasikan Anggaran untuk Asuransi tersebut melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bonebol pada tahun 2019 mendatang.

“Melalui APBD Bonebol 2019 nanti, Pelatih dan Atlit dibawah binaan Dispora Bonebol akan kita jaminkan dan asuransikan lewat Program BPJS Ketenagakerjaan untuk dua program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),”kata Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Bonebol Tanwir Ali, pada Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati Bonebol terkait Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, di Auditorium Bonebol Cemerlang, Kamis (8/11).

Tanwir mengatakan, dengan akan diasuransikannya para Pelatih dan Atlit melalui BPJS Ketenagakerjaan, maka diharapkan para Atlit akan fokus pada setiap latihan dan juga kejuaraan.

”Jadi para Atlit dan Pelatih ini, coba kita akan akomodir dan masukan di APBD 2019 untuk premi asuransinya di BPJS Ketenagakerjaan, selain Pekerja Sektor Informal,” kata Tanwir Ali.

Kepala Dispora Bonebol Muhamad Yamin Abbas menjelaskan, alasannya untuk mengasuransikan para Atlit dan juga Pelatih olahraga, karena melihat dari pengalaman dan kejadian sebelumnya. Dimana ada kejadian Atlit mengalami resiko cedera. Sementara yang bersangkutan tidak memiliki Jaminan maupun Asuransi untuk melindungi keselamatannya.

Olehnya itu, kami punya pemikiran, bahwa kedepan Atlet dan Pelatih di Bonebol, itu harus terjamin keselamatannya jika terjadi resiko mulai dari saat latihan hingga selesai latihan lewat BPJS Ketenagakerjaan.

”Ini juga seiring dengan Topik Proyek Perubahan (Proper) kami di PIM II tahun 2018 di LAN Jawa Barat, yakni Sinergitas Motivasi Prestasi Atlit bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo,” jelas Yamin Abbas.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo Teguh Setiawan menyambut baik dan dengan senang hati rencana Dispora Bonebol akan mengasuransikan maupun mendaftarkan para Atlit dan Pelatih di Bonebol menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Berarti ada kepedulian dari Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait untuk mendaftarkan para Pekerja Sektor Informal dalam hal ini Atlit dan Pelatih di BPJS Ketenagakerjaan.

Apalagi Atlit dan Pelatih itu, merupakan pekerjaan yang memang beresiko tinggi.

”Jadi kami memberikan apresiasi terhadap kepedulian Pemerintah Daerah Bonebol kepada para Pelatih dan Atlit. Tentu kami menyambut baik kalau ada kepedulian seperti ini, dan kami akan men-support sepenuhnya,” tukas Teguh Setiawan.

Laporan: Hms/AKP/Mirna Ahaya
Editor: Syahrir

Komentar

Berikan Komentar Anda

Baca Juga Ini